Dinas Perikanan Kota Gunungsitoli Laksanakan Pelatihan Nelayan

Gunungsitoli, NiasKita.com

Kemampuan dan tingkat keterampilan nelayan sangat menentukan peningkatan produktifitas perikanan dan kesejahteraan nelayan.

Untuk itu Pemko Gunungsitoli melalui Dinas Perikanan bekerjasama dengan Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Provinsi Sumatera Utara menyelenggarakan pelatihan teknik penggunaan alat tangkap (gilnet) pada 18 – 22 Oktober lalu.

Aliran Telaumbanua, SP, MSi kepada NiasKita.com menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan diikuti 30 peserta yang merupakan utusan kelompok nelayan yang ada di Kota Gunungsitoli yang dilaksanakan selama 5 hari di Kota Gunungsitoli. Dijelaskannya pelatihan ini lebih banyak praktek di lapangan yang langsung dipraktekkan oleh nelayan itu sendiri.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi nelayan terutama bagaimana cara menggunakan jaring yang benar. Diakui Aliran Telaumbanua salah satu kelemahan nelayan Gunungsitoli adalah masih rendahnya penguasaan IPTEK perikanan. Sehingga pelatihan yang dilakukan pihaknya dapat mendukung nelayan dalam melakukan penangkapan ikan. Disamping itu juga keterbatasan modal dan peralatan.

Di sisi lain, akibat rendahnya penguasaan IPTEK, bisa digunakan alat dan bahan penangkapan ikan yang tidak direkomendasikan dan disetujui pemerintah, seperti penggunaan racun dan bom ikan. Hal ini dapat merusak ekosistem laut.

Aliran Telaumbanua juga menyebutkan, kapal-kapal nelayan asing yang melakukan penangkapan ikan ilegal di wilayah Kota Gunungsitoli dapat melakukan penangkapan ikan secara berlebihan (over fishing).

Namun Kadis Perikanan Kota Gunungsitoli ini menyatakan keyakinannya bahwa dengan memodernisasi perikanan akan meningkatkan kesejahteraan nelayan. Dimulai dengan peningkatan kualitas SDM nelayan, juga sarana dan prasarana perikanan serta kelembagaannya. Dikatakannya, dengan adanya pelatihan ini, maka nelayan Kota Gunungsitoli dapat mengikuti uji kompetensi sebagai persyaratan sebagai nelayan yang memiliki keahlian menangkap ikan mempergunakan alat tangkap ramah lingkungan. (Sam) TV

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply