Ir. Lakhomizaro Zebua Serahkan Bantuan Kapal dan Peralatan Tangkap Ikan Nelayan

NiasKita.com, Gunungsitoli

Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua kembali menyerahkan bantuan kepada nelayan. Adapun yang diserahkan antara lain: 7 unit kapal 3 GT beserta mesin dan peralatan tangkap kepada kelompok nelayan. Penyerahan bantuan ini berlangsung di Taman Ya’ahowu, Rabu (28/11) yang dihadiri kelompok nelayan dan pejabat Pemerintah Kota Gunungsitoli.

Dalam sambutannya Lakhomizaro Zebua mengatakan pemerintah akan terus memberikan dukungan kepada nelayan, namun dilakukan secara bertahap mengingat anggaran yang tersedia sangat terbatas. Ia berharap nelayan memaksimalkan penggunaan bantuan yang diberikan pemerintah.

“Jangan ada perpecahan dalam kelompok setelah menerima bantuan ini, tapi kerjasama ditingkatkan. Kalau ada permasalahan ya silahkan dimusyawarahkan, kalau tidak bisa disepakati bisa difasilitasi Dinas Perikanan,” kata Lakhomizaro Zebua.

Ia juga menegaskan agar bantuan yang diterima ini tidak dipindahkantangankan kepada orang lain. Selama ini, bantuan yang diberikan oleh pemerintah ada yang sudah dipindahtangankan kepada nelayan lain. “Kalau ada yang melakukannya akan kita proses secara hukum,” tegasnya.

Selain alat tangkap tersebut Pemko Gunungsitoli melalui Dinas Perikanan juga menyerahkan bantuan kepada nelayan berupa peralatan tangkap seperti jaring dan mata pancing. Juga diserahkan alat bantu penangkapan ikan, seperti radio, GPS, fishfinder, lifejacket dan toolbox.

Kepala Dinas Perikanan Aliran Telaumbanua, SP, MSi menjelaskan bantuan tujuh kapal dengan bobot 3 GT tersebut berasal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, sedangkan bantuan peralatan tangkap dan alat tangkap didanai APBD Kota Gunungsitoli.

Aliran Telaumbanua menjelaskan bahwa pemerintah mendorong peningkatan produksi ikan sekaligus juga mendorong peningkatan pendapatan nelayan. “Dengan bantuan ini kita berharap ada peningkatan kesejahteraan nelayan,” katanya. (Sam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan