Ir. Lakhomizaro Zebua: Tugu Meriam Bukan Hanya Salah Satu Ikon Kota Gunungsitoli Tapi Miliki Nilai Sejarah

NiasKita.com, Gunungsitoli

Ir. Lakhomizaro Zebua menyebutkan pemugaran Tugu Meriam di Simpang Meriam, Kampung Baru, Kelurahan Ilir segera akan selesai. Tugu ini bukan saja hanya memperindah kota Gunungsitoli, juga mempertinggi nilai sejarah dan budaya masyarakat Nias, khususnya Kota Gunungsitoli.

Hal itu disampaikan Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua kepada NiasKita.com akhir minggu lalu melalui telepon selulernya. Ir. Lakhomizaro Zebua menjelaskan penataan kawasan Simpang Meriam, antara lain pelebaran jalan di sisi kanan Tugu Meriam dan pemugaran Tugu Meriam sendiri.

Lakhomizaro Zebua menyebutkan, pelebaran jalan selain memperlancar arus lalu lintas, juga mempertegas keberadaan tugu di tempat tersebut. “Persimpangan yang sempit tersebut akan menjadi lebar. Tugu Meriam akan berada di tengah persimpangan,” ujarnya.

Untuk mempertegas keberadaan Tugu Meriam, Pemkot Gunungsitoli melalui Dinas PUPR Kota Gunungsitoli memugar tugu dengan menaikkan sekitar satu meter dari posisi sebelumnya. Di beberapa bagian dilakukan perubahan dan penambahan aksesoris, seperti pemasangan batu alam di lantai, penambahan pagar dengan rantai dan lampu-lampu.

Lakhomizaro Zebua, selain mewujudkan visi pemerintah menjadikan Kota Gunungsitoli yang nyaman, pemugaran itu juga untuk menghargai sejarah serta jasa para tokoh yang telah membangun Kota Gunungsitoli di masa lalu. “Meriam dan Tugu Meriam merupakan bagian dari sejarah masa lalu dan pertumbuhan kota Gunungsitoli. Banyak peristiwa di masa lalu yang mengkristal dalam Tugu Meriam, terutama sejarah keberadaan Kampung Baru dan Mudik. Dan kita menghargai itu,” jelasnya.

Sementara itu, beberapa waktu lalu,. Sabtu (27/10) Wakil Walikota Sowa’a Laoli memimpin acara peletakan kembali 6 meriam yang dibongkar selama pemugaran. Sowa’a Laoli dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Kota Gunungsitoli berkomitmen untuk menata Gunungsitoli agar lebih indah dan nyaman ditinggali. Diawali dengan pemugaran Tugu Meriam sebagai salah satu ikon Gunungsitoli. (Sam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan