Krispinus Baeha, SH: Dinas Dukcapil Nias Utara akan Berikan Pelayan Cepat dan Prima

Gunungsitoli, NiasKita.com

Lebih cepat dengan pelayanan prima menjadi target Krispinus Baeha, SH, Pelaksana (Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Nias Utara yang baru saja disertijabkan(Kamis, 24/05). Ditemui NiasKita.com di ruang kerjanya di kantor Dinas Dukcapil Nias Utara, Jumat, 25/05) menjelaskan bahwa dinas yang dipimpinnya merupakan salah satu ujung tombak pelayanan publik.

Memulai tugasnya, Krispinus Baeha telah memberikan instruksi agar pelayanan diberikan lebih maksimal lagi. Di antaranya kecepatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Kalau menurut ketentuan satu hari, kalau bisa setengah hari saja. Pokoknya lebih cepat dan kalau ada masalah segera diatasi dengan cepat,” katanya.

Selain itu, Krispinus Baeha juga menghimbau agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat juga lebih baik. “Kadang masyarakat yang datang ke kantor bingung mau bertemu dengan siapa. Itu terjadi dimana-mana. Kita ubah nanti, kalau ada masyarakat yang datang langsung diterima oleh staf kantor dan diberikan pelayanan,” jelasnya.

Dikatakannya bahwa salah satu tujuan keberadaan pemerintah adalah mengurus kepentingan masyarakat, maka kiranya tugas pelayanan itu dilaksanakan dengan baik. “Pekerjaan ini merupakan titipan dari Bupati sebagai pimpinan tertinggi pemerintahan di Nias Utara. Pekerjaan ini pekerjaannya, dan kita pelaksananya,” jelasnya.

Lebih jauh, Krispinus mengatakan bahwa pelayanan prima ini juga dengan memberikan kemudahan-kemudahan dalam proses pengurusan dokumen kependudukan. “Kalau mereka sudah sampai disini, tapi tidak dilayani hanya karena kekurangan sedikit dokumen, yang sebenarnya hanya dokumen pendukung yang tidak menentukan. Bayangkan kalau dari Alasa, lupa membawa kartu KK, lalu dokumennya ditolak, padahal kita punya data KK-nya. Ya itu harus dibantu, yang penting ada data yang meyakinkan bahwa dia penduduk Nias Utara berdasarkan data kependudukan,” ujarnya.

Untuk mewujudkan pelayanan prima tersebut, pihaknya akan segera melakukan perubahan-perubahan. Terutama memperbaiki prosedur kerja, kedisiplinan dan keramahan dalam memberikan pelayanan.

Sebelumnya Krispinus Baeha bertugas di Inspektorat Nias Utara sebelum dipercaya menjadi Laris Dukcapil. Krispinus Baeha juga pernah menjabat Camat Gunungsitoli Utara, Kepala Bagian di Kabupaten Nias. (Sam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply