Pemko Bongkar Bangunan Liar di Pelabuhan Lama, Direncanakan Taman Terbuka Hijau

NiasKita.com, Gunungsitoli

Pemerintah Kota Gunungsitoli akhirnya membongkar bangunan liar di kawasan Pelabuhan Lama di seberang Tugu Peringatan Gempa, Selasa (08/01). Hingga menjelang sore hari, para penghuni masih mengumpulkan bahan bangunan yang telah dirobohkan.

Victor Gea, S. Kom, Kabag Humas dan Keprotokolan Setda Kota Gunungsitoli yang dihubungi via telepon selulernya menjelaskan bahwa pembongkaran bangunan dilakukan Pemko Gunungsitoli sesuai kesepakatan dengan para penghuni dan pemilik bangunan. Dijelaskannya bahwa sebelumnya Pemko telah melakukan sosialisasi dan kesepakatan tentang tenggat waktu pembongkaran.

Disebutnya bahwa proses pembongkaran tidak mendapat protes atau penghadangan dari penghuni. Bahkan, katanya, beberapa hari sebelumnya sebagian barang-barang milik mereka telah diangkuti dan dipindahkan ke tempat lain. Namun masih ada yang melalaikan kesepakatan sehingga terkesan terburu-buru mengangkati barang-barangnya.

Victor Gea juga menjelaskan bahwa Pemko harus menurunkan dua alat berat untuk melakukan pembongkaran mengingat adanya penghuni yang belum membongkar bangunan liar miliknya. “Pemerintah mengambil sikap tegas sesuai kesepakatan sebelumnya. Itulah sebabnya tidak ada yang protes saat pembongkaran dilakukan,” jelasnya.

Dijelaskannya bahwa pembongkaran dihadiri Asisten I Setda Kota Gunungsitoli Ir. Nur Kemala Gulo, Kepala Satpol PP Murni Darma Zebua, Kadis PUPR Ampelius Nasara, ST, Kadis Pertanian Oimolala Telaumbanua.

Victor Gea menjelaskan, setelah dibongkar di atas lahan itu akan dijadikan lahan terbuka hijau dan akan dibangun fasilitas rekreasi keluarga.

Bangunan liar berbahan papan tersebut selama ini dijadikan tempat usaha sejumlah penghuni yang disewa dari orang yang mengaku sebagai pemilik. Bangunan ini sendiri merupakan sisa zaman rehabilitasi gempa yang berdiri di atas tanah milik PT. Pelindo. (sam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan