Satpol PP Gunungsitoli Berhasil Padamkan Kebakaran dalam 15 Menit Pada Sebuah Simulasi

NiasKita.com, Gunungsitoli

Satpol PP Kota Gunungsitoli melaksanakan pelatihan demgan simulasi pemadaman kebakaran dengan waktu 15 menit di Pantai Mallaga, Simanaere, Gunungsitoli Idanoi, Jumat (29/06) lalu. Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan personil pemadam kebakaran ( Damkar):yang tergabung di bawah Satpol PP dan anggota Satpol PP secara keseluruhan.

Kepala Satpol PP Kota Gunungsitoli Murni Darma Zebua, SH kepada NiasKita.com menjelaskan bahwa simulasi pemadaman kebakaran ini diikuti 150 peserta dan mengambil dua lokasi dalam waktu 15 menit. Diawali dari lokasi Markas Basarnas di Ononamolo, Gunungsitoli Selatan sebagai lokasi pemberangkatan tim pemadam menuju lokasi kebakaran di Mallaga, Simanaere.

Menurut Murni Darma Zebua, ditargetkan pemadaman harus diselesaikan dalam waktu 15 menit. “Dimulai nol menit, lalu ada telepon dari warga yang melaporkan kebakaran di Mallaga. proses penerimaan laporan ini menghabiskan waktu 1 menit, persiapan anggota hingga keberangkatan armada 1 menit kemudian. Kemudian dibutuhkan waktu 8 menit menempuh perjalanan sejauh 7,5 kilometer mi Mallaga. Pada menit kesepuluh, tim pemadam kebakaran sudah mulai melaksanakan pemadaman sebuah pondok bermodelkan rumah yang terbakar. Dalam tempo 5 menit kebakaran dapat dipadamkan,” jelasnya.

Disebutnya, radius 7,5 kilometer merupakan target operasi pemadaman kebakaran dalam standar pelayanan minimal. “Jadi ditargetkan pemadaman kebakaran rampung dalam waktu 15 menit. Kalau lebih dari 15 menit maka sudah habis terbakar,” jelasnya.

Simulasi ini, jelasnya, akan membuat personil Satpol PP siap setiap saat untuk melakukan pemadaman kebakaran. Saat ini Satpol PP Kota Gunungsitoli memiliki beberapa armada pemadam kebakaran, antara lain 1 unit kendaraan kapasitas 5.000 liter, 2 unit kapasitas 3.000 liter, 4 mobil pembantu pengisapan kalau ada penyedotan sumber air dan 2 mobil evakuasi.

Dijelaskannya, dari simulasi dan pengalaman sebelumnya, terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam melaksanakan pemadaman kebakaran. Di antaranya, soal keterlambatan komunikasi dalam pelaporan kebakaran. “Kalau harus datang melaporkan dan perjalanan makan waktu 10 menit, maka kobaran api sudah besar, jelas sudah hangus setengahnya,” ujarnya.

Untuk itu Murni Darma Zebua meminta warga agar menghubungi telepon seluler posko pemadaman kebakaran di Kantor Satpol-PP, yakni 0823 6463 0999.

Telepon yang masuk dipastikan akan direspon dalam waktu singkat. (Sam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply