Wakil Bupati Arosokhi Waruwu: Perlu Peningkatan Ketahanan Pangan untuk Menjamin Kesejahteraan Warga

NiasKita.com, Nias

Pemerintah Kabupaten Nias menggelar Rapat Dewan Ketahanan Pangan bertempat di Aula Kantor Dinas Pertanian Hiliweto Gido, Selasa (27/11/2018).

Bupati Nias dalam arahannya yang disampaikan Wakil Bupati Arosokhi Waruwu, SH mengatakan peningkatan ketahanan pangan merupakan keharusan untuk menjamin kestabilan kebutuhan pokok masyarakat.

Dikatakannya, lam meningkatkan ketahanan pangan perlu melakukan program/kegiatan yang strategis sebagaimana hasil rumusan rapat dewan ketahanan pangan kabupaten Nias Tahun 2018 tahap pertama yaitu:

Program swasembada beras daerah, pengembangan komoditi padi, jagung dan pisang, pemanfaatan lahan pekarangan terpadu, pembangunan jalan sentra produksi, penanganan panen dan pasca panen serta pemasaran hasil pertanian.

Selanjutnya untuk tercapainya tujuan dan sasaran pembangunan ketahanan pangan, diminta perhatian yang serius dari seluruh kepala perangkat daerah dan instansi terkait lainnya termasuk camat agar memikirkan hal-hal yang dapat mendorong peningkatan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Nias.

Selanjutnya untuk dinas pertanian ketahanan pangan kabupaten Nias, mulai TA 2019 program kegiatannya perlu dipertajam dan fokus pada peningkatan ketahanan pangan dan pengembangan sumber daya aparatur dan masyarakat pertanian.

Diakhir katanya Arosokhi mengharapkan melalui rapat dewan ketahanan pangan ini agar fungsi Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten dapat diwujudkan yakni pengembangan jaringan dan sistem koordinasi antar instansi pemerintah, swasta serta lembaga masyarakat untuk meningkatkan efektifitas program pembangunan ketahanan pangan.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan