Bupati Nias: Penerapan E-Planning pada Tahun 2019 Cegah Intervensi dan Korupsi

Bupati Nias: Penerapan E-Planning Cegah Intervensi dan Korupsi

NiasKita.com, Kabupaten Nias

Bupati Nias Sokhiatulo Laoli menjelaskan penerapan E-planning di Kabupaten Nias sangat berdampak positif bagi perencanaan pembangunan yang berkelanjutan. Demikian ungkap Bupati Nias pada Temu Pers Pemkab Nias yang berlangsung Selasa (18/12) di Kantor Bupati Nias.

Sokhiatulo Laoli menjelaskan e-Planning akan memberi ruang yang lebih luas kepada masyarakat untuk mengusulkan pembangunan yang dibutuhkan di wilayahnya serta mencegah adanya intervensi pihak lain selama proses perencanaan pembangunan hingga disahkan pembiayaannya di DPRD.

“Semua usulan yang masuk harus dibahas lebih awal di Musrenbang di desa, lalu kecamatan hingga kabupaten. Tidak ada lagi peluang masuknya usulan dari pihak lain yang mencoba mengintervensi di tengah proses pembahasan,” ungkapnya.

Sokhiatulo Laoli mengataka bahwa intervensi bisa saja menyebabkan usulan yang diajukan dari desa dan kecamatan tiba-tiba hilang ketika pembahasan di kabupaten atau di legislative tetapi usulan baru tiba-tiba muncul.

“Inilah yang menyebabkan masyarakat kecewa usulan mereka tidak pernah diwujudkan pemerintah, sudah dibahas tiba-tiba dicoret karena ada usulan baru,” ujarnya.

Disebutnya, e-Planning juga memberikan jaminan keberlanjutan pembangunan karena terencana dengan baik dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten hingga pembahasan di legislative.

Sokhiatulo Laoli juga menyebutkan bahwa e-planning juga mencegah terjadinya korupsi. Disebutnya akan semakin kecil pihak tertentu memasukkan usulannya untuk kepentingan pihak tertentu.

“Tidak bisa lagi kepentingan sesaat yang hanya menguntungkan pihak tertentu diakomodir. Apa yang sudah dimasukkan tidak bisa ditukar lagi,” katanya. (sam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan