Sekda Firman Y. Larosa: Penilaian terhadap PNS di Pemkab Nias Berbasis Kinerja

NiasKita.com, Kabupaten Nias

Sekda Kabupaten Nias Drs. Firman Yanus Larosa menyebutkan bahwa pada tahun 2019 penilaian terhadap PNS terkait dengan kenaikan pangkat dan tunjangan tambahan penghasilan berdasarkan penilaian kinerja.

Hal itu diungkapnya dalam Temu Pers Pemkab Nias yang dilaksanakan pada Selasa (18/12) di Kantor Bupati Nias.

Disebutnya penilaian kinerja ini diawali dengan diberlakukannya absensi elektronik berupa fingerprint dan dilanjutkan dengan penilaian kinerja oleh atasan masing-masing berdasarkan capaian kinerja pada tugas pokok dan fungsi jabatannya.

Sehingga, jelasnya, berdasarkan itulah diberlakukan pemberian insentif berupa tunjangan tambahan penghasilan sebagaimana telah ditetapkan pemerintah, bukan hanya lagi pangkat dan jabatan.

“Bisa jadi karena tidak hadir atau terlambat masuk kantor sebagaimana telah diatur, maka tunjangan tambahan penghasilannya dipotong, bahkan tidak dapat sama sekali,” jelasnya.

Disebutnya, absensi di masing-masing kantor SKPD akan terhubung dengan komputer database kepegawaian di BKD.

Jika terlambat datang atau tidak datang sama sekali, secara otomatis komputer database tersebut akan memotong tunjangan tambahan penghasilan yang diberikan pada seorang PNS pada jabatannya.

Sistem ini, menurutnya, sementara ini sudah lebih baik dibandingkan dengan absensi yang selama ini berlaku.

Selain tidak terdata dengan baik tingkat kehadiran dan keseriusan dalam menjalankan tugas, juga dapat dimanipulasi sehingga menimbulkan kerugian negara.

Sekda Firman Yanus Larosa menyebutkan bahwa pendataan saat ini sedang berlangsung pada SKPD, sehingga pada tahun 2019 sudah dapat diterapkan. (sam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan