" /> BPBD Kota Gunungsitoli Evakuasi Masyarakat Terdampak Banjir | NiasKita.Com

BPBD Kota Gunungsitoli Evakuasi Masyarakat Terdampak Banjir

Gunungsitoli – Niaskita.com 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Gunungsitoli melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak banjir pada beberapa titik lokasi di Kota Gunungsitoli. Air mulai banjir diperkirakan pukul 02.00 Wib, Jumat (17/12).

Adapun beberapa titik lokasi yang terdampak banjir yaitu : Sepanjang Pasar Nou hingga ujung kantor Pegadaian, Pasar Beringin dan Kampung Cinta Damai, Desa Boyo, Jl.Ampera, Jl. Supomo ujung, Gg.Umbu Pelita, Afia Gunungsitoli utara dan kejadian longsor dibeberapa lokasi seperti di desa Fadoro Hilimbowo Kecamatan Gunungsitoli Alooa, Arah Desa Gada Kecamatan Gunungsitoli Barat.

“Banjir ini diakibatkan durasi hujan yang lama sehingga volume air jadi lebih tinggi ditambah juga kemampuan sungai dalam mengalirkan air ke muara laut terbendung akibat pasang naik air laut,” jelas Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Gunungsitoli Abdi Damai Zebua.

Dijelaskan Abdi Zebua, Adapun beberapa langkah yang telah dilakukan oleh BPBD Kota Gunungsitoli yakni melaksanakan kegiatan evakuasi terhadap warga masyarakat terutama Lansia, Ibu Hamil, Bayi dan anak-anak, menyalurkan air bersih di lokasi-lokasi terdampak banjir, berkoordinasi dengan instansi teknis terkait dengan longsor yang terjadi dibeberapa titik wilayah.

“Melalui ini juga kami himbau kepada masyarakat yang tinggal di sepadan sungai dan daerah rawan longsor agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan bencana yg mungkin terjadi, sebagaimana telah tertuang dalam surat edaran Walikota Gunungsitoli No. 360/8874/BPBD/2021 tentang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Terhadap Fenomena La Nina di Kota Gunungsitoli tanggal 30 November 2021,”jelasnya

Dalam melakukan evakuasi BPBD Kota Gunungsitoli bekerjasama dengan instansi terkait antara lain Barnas Nias, Koramil 01/GST dan SATPOL PP Kota Gunungsitoli. (sam) 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan