Drs. Abdul Majid, MSi: Pemko Dukung Kebangkitan Usaha Mikro

Gunungsitoli, NiasKita.com

Pertumbuhan perekonomian Kota Gunungsitoli meningkat dengan baik dalam beberapa tahun. Terutama pertumbuhan usaha mikro dan usaha kecil.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM Drs. Abdul Majid Caniago, MSi pada acara pembukaan acara Sosialisasi Tentang Pembentukan Koperasi, Hotel Tinca, Gunungsitoli, Senin (25/02).

Menurut pria yang populer dipanggil Bang Majid ini, Pemko Gunungsitoli memberikan dukungan penuh pada pertumbuhan ekonomi mikro dan kecil. Dukungan itu antara lain melalui pemberian dana bergulir kepada usaha mikro dengan syarat yang lebih mudah dan bunga yang rendah.

“Tarif bunga yang dibebankan hanya 0,6 persen per tahun dengan sistem menurun,” jelas Majid.

Dijelaskannya, untuk mewujudkan dukungan tersebut, Pemko telah membentuk Unit PelaksanaTeknis Dinas (UPTD) Pengelola Dana Bergulir. UPTD ini bertanggung jawab dalam menyediakan bantuan permodalan bergulir untuk usaha mikro.

Abdul Majid menyebutkan, usaha mikro sangat rentan dengan permasalahan modal. Juga tidak tersentuh oleh bantuan permodalan perbankan.

“Usaha mikro sangat rentan dengan kekurangann modal. Kadang terjerat pada rentenir dengan bunga tinggi,” jelasnya.

Dukungan permodalan ini diharapkan dapat membangkitkan struktur perekonomian ekonomi kelas bawah.

“Pelaku usahanya banyak dan merupakan tulang punggung perekonomian keluarga. Terganggunya usaha mereka dapat berpengaruh pada pendapatan keluarga,” katanya.

Menurut Majid, Pemko memberikan perhatian dan dukungan penuh untuk pertumbuhan usaha mikro. Selain memberikan dukungan permodalan juga dalam bentuk dukungan kelembagaan.

“Koperasi merupakan salah satu bentuk kelembagaan yang dapat mendukung usaha mikro,” pungkasnya.

Hal ini terkait dengan kebijakan pemerintah bahwa segala bentuk bantuan yang diberikan hanya pada kelompok usaha yang berbadan hukum. Sehingga koperasilah yang paling cocok untuk berhubungan dengan lembaga pemerintahan. (sam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan