Ir. Lakhomizaro Zebua Dukung Pedagang Pasar Rakyat Gunungsitoli Utara

Gunungsitoli, NiasKita.com

Walikota gunungsitoli Ir. Lalhomizaro Zebuaang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Gunungsitoli Ir. Agustinus Zega bersama para asisten, staf ahli, para kepala perangkat daerah beserta jajarannya kunjungi Pasar Rakyat Gunungsitoli Utara sekira pukul 10.00 Wib, disambut antusias oleh para pedagang.

 Dalam kunjungannya itu, walikota berkeliling dan berdialog dengan setiap pedagang terkait kondisi dan situasi pasar tersebut.

 Walikota juga menyampaikan agar para pedagang yang berjualan di pasar rakyat tidak dipungut biaya sewa lapak maupun kios selama 6 (enam) bulan, sehingga para pedagang dapat memperoleh keuntungan dan manfaat secara langsung dari kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

 “Jika ada oknum yang menagih uang sewa agar melaporkan kepada saya,” tegas walikota.

 Walikota juga berharap kepada para pedagang dan pembeli untuk menjaga kebersihan dan ketertiban selama di area pasar rakyat. Dan kepada pedagang yang masih berjualan di luar gedung pasar rakyat kiranya dapat bersabar, karena Pemerintah Kota Gunungsitoli akan mengembangkan perluasan dan penataan pasar rakyat demi kenyamanan bersama.

 Tini Lakhomizaro Zebua selaku Ketua TP.PKK Kota Gunungsitoli yang turut hadir dan berbelanja juga  mendengarkan berbagai aspirasi dari para pedagang, seraya memberikan motivasi bahwa dengan penataan yang baik, maka pembeli akan semakin banyak yang datang dan berbelanja di pasar rakyat. Hal ini terlihat dimana begitu padatnya pembeli yang datang ke pasar rakyat.

 Sementara Camat Gunungsitoli Utara Momimotani Zega yang didampingi oleh Ketua TP. PKK Kecamatan Gunungsitoli Utara Basaria Momitani Zega juga menjelaskan, bahwa para pedagang di pasar rakyat sebagian berasal dari Pekan Afia, dan ada sebagian kecil yang baru masuk dari 10 desa.

 “Untuk saat ini pasar rakyat Kecamatan Gunungsitoli Utara buka setiap Sabtu, dan kedepannya direncanakan akan buka mulai hari Senin sampai dengan Jumat,” kata dia.

 Terkait adanya pedagang yang masih bertahan di Pekan Afia, Pemerintahan Kecamatan Gunungsitoli Utara akan menggelar rapat pada hari Rabu (3/7/2019) depan, bersama forkopimka, anggota DPRD se-dapil III, seluruh kepala desa, tokoh masyarakat Desa Afia dan pedagang yang masih bertahan di Pekan Afia. Tujuannya agar pedagang yang masih ada di pekan dapat menyatu di pasar rakyat. (sam)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan