" /> Ir. Lakhomizaro Zebua Resmikan Tugu Salib di Tengah Kota Gunungsitoli | NiasKita.Com

Ir. Lakhomizaro Zebua Resmikan Tugu Salib di Tengah Kota Gunungsitoli

Gunungsitoli _ NiasKita.com

Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua meresmikan Tugu Salib, bertempat di halaman kantor Sinode BNKP Jalan Ir. Soekarno Nomor 22 Kelurahan Pasar Kota Gunungsitoli, Ahad (6/12).

Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Ir. Agustinus Zega yang menyampaikan bahwa pembangunan Tugu Salib di Kota Gunungsitoli merupakan perwujudan identitas kepercayaan masyarakat Kota Gunungsitoli yang mayoritas beragama Kristen.

Selain itu, sekda juga menjelaskan bahwa pembangunan Tugu Salib di Kota Gunungsitoli bertujuan untuk terpenuhinya kebutuhan ruang terbuka hijau dan ruang terbuka publik, tersedianya landmark sebagai penambah kekhasan dan nilai estetika Kota Gunungsitoli, semakin luasnya daerah yang tertata dan terpenuhinya kebutuhan spiritual masyarakat Kota Gunungsitoli pada umumnya.

Walikota menyampaikan, merupakan sukacita dan kebahagiaan bagi kita semua sehingga Tugu Salib ini dapat diresmikan di penghujung tahun 2020 ini. Hal ini tidak lepas dari dukungan para tokoh agama dan semua elemen masyarakat di Kota Gunungsitoli.

Walikota juga menjelaskan bahwa pembangunan Tugu Salib ini masih akan dilanjutkan sesuai master plan sebelumnya yang direncanakan akan menggunakan jalur 2 (dua) arah atau berbentuk bundaran. Harapannya dengan adanya Tugu Salib ini, tentu akan menambah daya tarik masyarakat luas untuk datang berkunjung ke Kota Gunungsitoli.

”Saya menitipkan pesan untuk kita semua bahwa Tugu Salib ini bukan milik kelompok tertentu, bukan milik satu organisasi agama (saja), melainkan milik kita bersama (masyarakat Kota Gunungsitoli), sehingga menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaga dan memelihara tugu ini yang merupakan icon baru di Kota Gunungsitoli yang kita cintai,” tegas Walikota Gunungsitoli mengakhiri.

Ephorus BNKP Pdt. DR. Tuhoni Telaumbanua, M.Si mewakili Pimpinan Gereja se-Kota Gunungsitoli, menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya pada Pemerintah Kota Gunungsitoli yang terus berupaya meningkatkan penataan Kota Gunungsitoli secara umum, dan khususnya pembangunan Tugu Salib yang diresmikan saat ini.

Rangkaian acara berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, diselingi prosesi seremonial penandatanganan prasasti oleh Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua bersama Ephorus BNKP Pdt. DR. Tuhoni Telaumbanua, M.Si. Dilanjutkan dengan penekanan tombol sirene oleh unsur Forkopimda se-Kota Gunungsitoli dan yang mewakili Pimpinan Gereja se-Kota Gunungsitoli sebagai simbol peresmian dengan penyalaan air mancur dan hiasan lampu perdana di Tugu Salib.

Turut hadir Wakil Walikota Gunungsitoli, Dandim 0213/Nias, Kepala Kejaksaan Negeri Gunungsitoli (Mewakili), Pengadilan Negeri Gunungsitoli (Mewakili), Kapolres Nias (Mewakili), para Pimpinan Gereja se-Kota Gunungsitoli, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteran Rakyat, Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah lingkup Kota Gunungsitoli, dan hadirin lainnya. (sam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan