" /> Pemko Gunungsitoli Laksanakan Perayaan Peringatan Hari Ibu ke-93 Tahun 2021 | NiasKita.Com

Pemko Gunungsitoli Laksanakan Perayaan Peringatan Hari Ibu ke-93 Tahun 2021

Gunungsitoli – Niaskita.com 

Untuk meningkatkan dan mendorong semangat perempuan mampu berdaya saing diera globalisasi, Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P5A) Melaksanakan Perayaan Peringatan Hari Ibu yang ke-93 dengan Tema “Perempuan Berdaya,Indonesia Maju”, bertempat di Halaman Kantor Walikota Gunungsitoli, Selasa (14/12).

Wakil Walikota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE., M.Si dalam arahannya menyampaikan bahwa perayaan Peringatan Hari Ibu ke-93 yang dilaksanakan masih ditengah suasana pandemi Covid-19 merupakan satu bukti bahwa peringatan hari ibu harus bisa berdamai dan dan hidup berdampingan seraya tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penyebaran Covid-19.

“Peringatan hari ibu bukan saja peringatan untuk mengucapkan terimakasih atas jasa ibu-ibu yang begitu istimewa. Tetapi untuk mendorong semua pemangku kepentingan untuk memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan, dan diharapkan mampu mewujudkan kehidupan yang berkesetaraan gender, harus mampu mendorong perempuan maupun laki-laki sebagai generasi penerus bangsa untuk mempunyai kompetensi dan keterampilan masa depan yang lebih baik untuk mewujudkan bangsa yang maju dan mandiri,” ucapnya.

Di akhir sambutannya, Wakil Walikota berharap perempuan Indonesia pada umumnya dan perempuan Kota Gunungsitoli pada khususnya, untuk termotivasi menjadi sosok yang berani,mampu bersaing dan berkualitas sehingga dapat menunjang dan mendorong Pemerintah dalam melanjutkan pembangunan dan mampu mengikuti kemajuan Teknologi.

Dikesempatan itu, Ketua TP PKK Kota Gunungsitoli Ny.Tini Lakhomizaro Zebua juga menyampaikan apresiasi bagi semua perempuan Indonesia atas peran dedikasi dan kontribusinya bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Peringatan hari ibu harus dijadikan untuk mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas agar memberikan perhatian akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.

“Melalui tema peringatan hari ibu yang ke-93 yaitu Perempuan berdaya, Indonesia maju, kita berharap peningkatan pemberdayaan perempuan dan kewirausahaan yang berperspektif gender, peningkatan peran ibu/keluarga dalam pendidikan dan pengasuhan anak, penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak, penurunan pekerja anak, dan pencegahan perkawinan anak dapat diwujud nyatakan sesuai peran dan fungsi kita masing-masing,”ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia, Fitelinamawati Hulu,SE.,M.Si dalam laporannya menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan pada perayaan Peringatan Hari Ibu tersebut yakni : kunjungan sosial kepada keluarga dan janda miskin di wilayah Pasar sekitar Kota Gunungsitoli, Pemberian bantuan berupa sembako kepada ibu-ibu janda dan tidak mampu utusan dari 6 kecamatan se-Kota Gunungsitoli, melaksanakan senam sehat , melaksanakan lomba memasak nasi goreng antar Forkopimda dan OPD, lomba fashion show dan pemberian penghargaan gender champion kepada tokoh perempuan dalam memujudkan keadilan dan kesetaraan gender terhadap kepedulian dan peningkatan hidup perempuan, lanjut usia, pemenuhan hak terhadap anak dan penyandang disabilitas. Adapun penghargaan gender champion diberikan kepada Yenny Natalis Lase, S.Pd.

“Terimakasih kepada Pemerintah Kota Gunungsitoli, secara khusus kepada BRI Cabang Gunungsitoli,Bank Sumut yang telah memberikan donatur dan dukungan dalam bentuk materi dan telah mendukung penuh pelaksanaan kegiatan Peringatan Hari Ibu yang ke-93, begitu juga para sponsor dari KALBE, PT.Liquid Kencana Abadi, CV.Kencana Distribusi, CV.Perindo dan PT.KAO Indonesia yang telah juga mendukung acara pada hari ini,” Ucap Ketua Panitia.

Hadir pada acara tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri Futin Helena Laoli, S.H, Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli Agus Komarudin, SH, Mewakili Kapolres Nias, Mewakili Dandim 0213/Nias, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli, Wakil Ketua TP.PKK Kota Gunungsitoli Ny. Venny Sowa’a Laoli, Ketua Dharma Wanita Kota Gunungsitoli, Ketua Bhayangkari Polres Nias, Persit Ketua Persit KCK Cab XLVI Kodim 0213/Nias, ikatan Adhyaksa Dharmakarini dan Dharmayukti Karini Pengadilan Negeri Gunungsitoli. (sam) 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan