Pemko Seriusi Soal Pasar Luaha, Penertiban Digelar Lintas SKPD

Gunungsitoli, NiasKita.com

Pemerintah Kota Gunungsitoli Kembali menertibkan pedagang di Pasar Luaha, Jalan Lagundri, Kelurahan Pasar, Kecamatan Gunungsitoli, Selasa (25/06).

 

Penertiban dilakukan, karena masih banyak pedagang yang menggunakan bahu jalan sebagai tempat menjajakan barang dagangannya.

 

Untuk kali ini, penertiban melibatkan empat SKPD dilingkungan Pemerintah Kota Gunungsitoli. Diantaranya, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, serta Satpol-PP.

 

Dibawah komando Ir. Nur Kumala Gulo, Asisten l Pemerintah Kota Gunungsitoli, petugas Satpol-PP membongkar meja dan tenda yang berada di bahu jalan. Setelah dibongkar, lalu petugas mengamankannya ke dalam truk.

 

Kasatpol-PP Kota Gunungsitoli, Eko Ary Yanto Zebua S.Kom M.Si, mengatakan bahwa penertiban dilakukan lantaran pedagang tidak mematuhi peraturan yang ditentukan Pemerintah daerah.

 

“Penertiban serupa pernah dilakukan, namun masih ada pedagang tidak mematuhi peraturan dengan berjualan di luar lokasi yang ditentukan. Padahal Pemerintah telah menyediakan tempat untuk berjualan”, kata Eko.

 

Pedagang di Pasar Luaha ini, lanjut Eko, harus mengikuti peraturan dan ketentuan yang sebelumnya disepakati bersama dengan Disperdagrin Kota Gunungsitoli, seperti tidak berjualan di bahu jalan.

 

“Sebagai penegak Perda, Satpol-PP hanya menertibkan pedagang yang membandel. Sedangkan untuk penataan lokasi dan tempat pedagang berjualan merupakan pekerjaan Disperdagrin”, ujar Eko. (sam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan