Reses DPRD Gunungsitoli: Dinilai Ridwan S. Zega Berhasil Perjuangkan Aspirasi Masyarakat

Gunungsitoli, NiasKita.com

 

Aspirasi yang disampaikan selama ini melalui reses telah mendapatkan respon positif pemerintah. Ini tidak terlepas dari peran anggota legislatif yang menyampaikan dan memperjuangkannya.

Hal itu disampaikan Ama Arani Dawolo, tokoh masyarakat Desa Afia pada pelaksanaan Reses I tahun 2019 yang dilaksanakan oleh anggota DPRD Ridwan Saleh Zega di Balai Pertemuan Nelayan di Desa Olora, Jumat (25/02).

Ama Arani Dawolo menjelaskan bahwa dari beberapa reses yang dilaksanakan masyarakat telah menyampaikan aspirasi yang ditampung oleh Ridwan S. Zega dan telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli.

Menurutnya, Ridwan S. Zega sebagai anggota DPRD telah melaksanakan tugasnya secara maksimal. Diantaranya bantuan untuk nelayan dari pemerintah yang telah diterima dan dimanfaatkan oleh nelayan di Gununggsitoli Utara.

Sementara itu, Ridwan Zega yang ditemui wartawan NiasKita.com menjelaskan bahwa dalam reses tersebut beberapa aspirasi telah disampaikan. Di antaranya terkait dengan Program Keluarga Harapan (PKH), adanya keinginan masyarakat untuk mendapatkan bantuan melalui PKH ini.

Karena ini terkait dengan program pusat, maka Ridwan menjelaskan bahwa aspirasi tersebut ditampung untuk disampaikan kepada pemerintah pusat.

Disamping itu, dalam reses itu terkemuka beberapa masalah yang dihadapi oleh nelayan, di antaranya Kartu KUSUKA. Kartu inii merupakan program pemerintah pusat untuk nelayan. Namun nelayan di Desa Olora dan Desa Afia masih banyak yang belum memiliki kartu tersebut. Ridwan S. Zega menawarkan kepada para nelayan untuk segera mendaftarkan diri dengan membawa kartu identitas.

“Hasilnya, mereka berdatagan membawa KTP untuk mengurus kartu tersebut. Kita coba bantu sebisa mungkin,” ujarnya.
Ia juga menjelaskan bahwa dalam reses tersebut pihaknya menghimbau para Kepala Desa agar segera membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Karena sudah ada Perwal penggunaan Dana Desa sebesar 40 persen untuk pemberdayaan ekonomi,” jelasnya.

Dikatakannya, program ini dapat mendukung pertumbuhan pendapatan keluarga-keluarga. Karena, menurutnya, dana tersebut dapat dialokasi untuk mendukung pertumbuhan perekonomian masyarakat. (sam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan