Bupati Nias Hadiri Upacara Penutupan TMMD ke-104 Tahun 2019

Kabupaten Nias, NiasKita.com

Bupati Nias hadiri upacara penutupan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 tahun 2019 di Desa Tagaule menuju Desa Balale Toba’a Kecamatan Bawalato Kabupaten Nias, yang dilaksanakan di Hiliweto Gido, Kecamatan Gido, Kabupaten Nias, Rabu (27/4/2019).

Bertindak menjadi inspektur upacara adalah Danrem 023/KS Kolonel Inf. Tri Saktiyono. Sementara Danramil 12/TD Mayor Inf. Hatianus Zega bertindak sebagai komandan upacara, dan Kasi Ter Rem 023/KS Mayor Arm Setia Budi sebagai perwira upacara.

Dandim 0213/Nias Y. Reymond RS Purba, SH M.Tr (Han) sebagai Dansatgas TMMD ke-104 tahun 2019 Kodim 0213/Nias menyampaikan, pembangunan fisik meliputi pembukaan jalan di Desa Tagaule dan Desa Balaletoba’a sepanjang 6000 meter dan lebar 2 meter, penggalian parit kanan kiri jalan sepanjang 12.000 meter dan lebar 2 meter, serta pengecatan masjid dan gereja sebanyak 2 unit.

Sedangkan pembangunan non fisik, terang Dandim, telah dilakukan penyuluhan wasbang, penyuluhan belah negara, penyuluhan narkoba, penyuluhan hukum, penyuluhan kesehatan, penyuluhan pertanian, penyuluhan perikanan, penyuluhan lingkungam hidup, penyuluhan PKK, penyuluhan dan kegiatan mitigasi bencana serta penyuluhan kegiatan agama.

Salah seorang tokoh masyarakat Fatizisokhi Zai, sangat mengapresiasi dan juga berterimakasih.

“Kami dari masyarakat sangat berterimakasih kepada TNI atas kegiatan TMMD ke-104 di wilayah Kabupaten Nias, baik secara fisik maupun non fisik, yang telah terlaksana dengan aman dan tertib selama 30 hari,” kata dia.

“Kepada bapak TNI untuk dapat diteruskan pembangunan seperti ini. Karena sangat membantu masyarakat dan pemerintah untuk mendorong percepatan pembangunan di Kabupaten Nias khususnya, dan umumnya di Pulau Nias,” harap Fatizisokhi Zai.

Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM dalam sambutannya mengatakan, pemerintah kabupaten sangat mengapresiasi kegiatan TNI TMMD ini. Karena bukan hanya ditujukan untuk mendorong percepatan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan sarana dan prasarana fisik, tetapi juga untuk meningkatkan kepercayaan diri masyarakat dalam mengelola potensi daerah yang dimilikinya.

Selanjutnya, bupati menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan TNI TMMD ke-104 ini memiliki makna yang sangat strategis, karena dapat memiliki manfaat nyata untuk membuka keterisoliran wilayah, sehingga diharapkan hasil program yang telah terlaksana ini dapat kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk menggali potensi kemandirian dalam pengembangan kewirausahaan yang kompetitif serta menggerakkan roda perekonomian, khususnya di Kabupaten Nias.

”Pemerintah mengucapkan terimakasih atas seluruh kontribusi serta kerjasama yang baik kepada seluruh pemangku kepentingan pembangunan seluruh masyarakat Kabupaten Nias yang turut serta mensukseskan pelaksanaan TNI TMMD. Semoga pelaksanaan kegiatan ini mendukung pencapaian program nawacita dengan membangun Indonesia dari pinggiran, serta memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkap Bupati.

Dalam upacara penutupan tersebut diikuti oleh Staf Ahli Pangdam I/BB Kolonel Inf. Abdi Iman Sakti Zebua, Danrem 023/KS Kolonel Inf. Tri Saktiyono, Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM, Bupati Nias Selatan diwakili oleh Asisten II, Dandim 0213/Nias Letkol Inf Y. Reymond RS Purba, SH M.Tr (Han), Danlanal Nias, Wakapolres Nias Kompol E. Zalukhu, Kajari Gunungsitoli diwakili oleh Kasi Intel, Kepala BNNK Gunungsitoli diwakili oleh Kompol Arius Zega, Kementerian Agama Kabupaten Nias.

Kemudian hadir pula Dandim Dairi, Dandim Tapteng, Dandim Tapsel, Dandim Tanah Karo, Dandenpal Sibolga Letkol Cpl Slamet Riyanto, Dandenhub Sibolga Letkol CHB Catur, Dandenbekang Sibolga, Dandenkes Sibolga, Danyonif 123/Rajawali Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing, Kasi Ops Korem 023/KS, Kasi Pers Korem 023/KS, Kasi Ter Korem 023/KS Mayor Kav. Setia Budi, Ka Ajen Rem 023/KS, Kapenrem 023/KS Mayor Arm Ojak Simarmata, para perwira jajaran Kodim 0213/NS, Kaminvet Nias Kapten Inf. Eben Manik, Dansub Denpom 1/2 -5 Nias, para camat se-Kabupaten Nias, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda Nias, BUMN dan BUMD, para kepala desa Kecamatan Bawalato, Ibu Ketua Persit Korem 023/KS, Ibu Ketua dan Wakil Ketua Persit KCK Cab XLVI Dim, serta anggota Persit, masyarakat, ormas, dan media pers cetak/elektronik.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan