Bupati Nias: Pemuda Harus Mampu Merespon Kemajuan Zaman dan Mengambil Manfaatnya

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019, di lapangan Beringin Hiliweto Gido Kecamatan Gido Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara, Senin (28/10)

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 ini mengangkat tema ‘Bersatu Kita Maju’. Tema itu diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM yang bertindak sebagai pimpinan upacara dalam arahan dan bimbingannya menyampaikan bahwa, pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi, sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing.

“Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia. Saya berharap kedepan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia, terutama dari Kabupaten Nias ini,” terang bupati.

Lanjutnya, kemajuan tidak akan pernah tercapai dalam arti yang sesungguhnya kalau masa depan itu hanya dipandang sekedar sebagai proses lanjut dari masa kini yang akan tiba dengan sendirinya.

Bupati berharap generasi muda dapat merespon kemajuan itu dengan menghargai seluruh perjuangan dari generasi sebelumnya, tanpa terjebak dalam kejayaan dan romantisme masa lalu, serta kenyataan-kenyataan masa kini sehingga membuat mereka tidak lagi sanggup keluar untuk menatap masa depan.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,” ucap Bupati Nias.

Semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia.

Di akhir sambutan, Bupati Nias mengucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda yang ke-91 tahun 2019. “Semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan kita,” pungkas dia. (sam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan