Firman Yanus Larosa: Peningkatan Pelayanan PDAM Tirta Umbu Terkendala Anggaran

Kabupaten Nias, NiasKita.com

 

Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM menjelaskan bahwa keluhan terhadap kualitas dan kuantitas air yang dialirkan ke pelanggan PDAM Tirta Umu lebih diakibatkan keterbatasan anggaran dan prasarana pendukung.

Hal terungkap dalam Nota Jawaban atas Pandangan Umum Fraksi-fraksi terhadap pembahasan Rancangan Perda tentang PDAM Tirta Umbu dan Perusahaan Daerah Pasar Ya’ahowu yang disampaikan Bupati Nias di Ruang Rapat DPRD Kabupaten Nias, Rabu kemarin. Sokhiatulo Laoli sendiri tidak hadir dan diwakilioeh Sekda Drs. Firman Yanus Larosa,.

Drs. Firman Yanus Larosa lebih jauh menyampaikan bahwa pihak PDAM Tirta Umu terus memperbaiki mutu dan kuantitas air. Namun masih dirasakan belum maksimal karena berbagai kondisi.

Dijelaskannya, adanya keluhan masyarakat sebagaimana disampaikan dalam pandangan fraksi tentang penggalian dan pemasangan jaringan PDAM yang tidak sempurna oleh petugas di lapangan menjadi perhatian PDAM di masa mendatang dan melaksanakan pembinaan kepada petugas yang menangani sesuai dengan SOP di PDAM tirta umbu.

Sebelumnya juga pandangan umum fraksi telah menyampaikan keluhan akurasi dalam pencatatan meter air pelanggan yang cenderung mengalami penumpukan dan terjadi perbedaan pencatatan angka pada meterai pelanggan, menyikapi hal ini manajemen PDAM telah melakukan langkah-langkah strategis antara lain, merubah sistem pencatatan manual meter air pelanggan oleh petugas menjadi pencatatan elektronik dengan menggunakan smartphone android yang terintegritas dengan sistem aplikasi online PDAM.

Sementara soal usul perubahan singkatan nomenklatur PDAM akan menjadi bahan untuk dikaji lebih lanjut sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sedangkan pemindahan lokasi kantor pusat PDAM ke ibukota Kabupaten Nias menjadi perhatian bersama dengan mempedomani mekanisme dan ketentuan yang berlaku. (sam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan