Sokhiatulo Laoli: RKPD 2020 Fokus pada Pemerataan Infastruktur dan Peningkatan SDM

Gunungsitoli, NiasKita.com

RKPD tahun 2020 memiliki arti strategis dalam memastikan serta memantapkan capaia pembangunan yang telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya.

Hal itu disampaikan Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM dalam sambutannya dada pembukaan Musrebang di Aula Kantor Bupati Nias, Rabu (13/03).

Dikatakannya RKPD tahun 2020 merupakaan RKPD tahun keempat dalam dokumen RPJMD Kabupaten Nias periode 2016 – 20121. Juga memiliki arti penting dalam mewujudkan keterpaduan serta keselarasan dengan pencapaian Prioritas Nasional dan Provinsi yang menjadi beban Daerah.

 

Sebelumnya dalam laporannya Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Edwin Fanolo Hulu, ST, MT mengatakan bahwa pelaksanaan Musrenbang memiliki arti penting dalam memperkaya perencanaan pemerintah serta adanya sinkronisasi perencanaan pembangunan.

Dalam Musrenbang diharapkan dapat menjaring aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan di Kabupaten Nias serta merumuskan saran dan masukan terhadap rancangan RKPD Kabupaten Nias Tahun 2020 yang nantinya akan menjadi pedoman dalam penyusunan Penyempurnaan Rancangan Renja Perangkat Daerah.

Edwin Fanolo Hulu mengatakan pelaksanaan Musrenbang untuk memperoleh saran dan masukan penting yang lebih menitikberatkan pada pendekatan teknokratis, dan tersusunnya arah kebijakan pembangunan.

 

Selanjutnya, Sokhiatulo Laoli menjelaskan Dokumen RKPD Tahun 2020 ini juga menjadi instrumen bagi Pemerintah Daerah untuk mengukur capaian target standar pelayanan minimal dan mengukur kinerja pelayanan Perangkat Daerah.

Dikatakanya, tema rancangan RKPD Kabupaten Nias Tahun 2020 adalah: “Percepatan Ketersediaan Infrastruktur Dasar Wilayah Dalam Upaya Mendukung Peningkatan SDM Dan Pertumbuhan Wilayah Yang Berkualitas Menuju Nias Yang Maju, Mandiri Dan Sejahtera.”

Sokhiatulo Laoli menyebutkan dari tema tersebut tercermin unsur pokok yang menjadi fokus RKPD Kabupaten Nias Tahun 2020, yaitu pembangunan yang bersifat menyentuh seluruh dimensi pembangunan masyarakat serta memastikan kesinambungan upaya upaya yang telah dilakukan dalam periode pembangunan tahun pertama, kedua dan ketiga.

 

Tema pembangunan tersebut juga berorientasi kepada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang didukung oleh infrastruktur dasar yang memadai. (sam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan