,Balai Benih Ikan Air Tawar milik Pemkot Segera Suplai Benih Lele

Gunungsitoli, NiasKita

Walikota Gunungsitoli berharap masalah benih untuk keperluan budidaya ikan air tawar dapat segera teratasi. Hal itu disampaikan Walikota Ir. Lakhomizaro Zebua kepada NiasKita.com seusai meninjau Balai Benih Ikan Air Tawar (BBIAT) di Desa Tetehosi Afia, Gunungsitoli Utara beberapa waktu lalu.

Disampaikan Lakhomizaro Zebua bahwa salah satu kendala yang dihadapi dalam usaha budidaya ikan adalah kekurangan benih ikan. “Kalaupun ada harganya mahal karena didatangkan dari luar Pulau Nias,” jelasnya.

Lakhomizaro Zebua juga menjelaskan bahwa usaha budidaya ikan, selain merupakan peluang matapencaharian, juga penting untuk mensuplai kebutuhan gizi masyarakat. Dikatakannya, ada kalanya ikan laut tidak mencukupi kebutuhan masyarakat karena kondisi cuaca yang buruk.

“Sementara kita juga telah menghimbau masyarakat untuk meningkatkan konsumsi daging ikan laut untuk meningkatkan gizi dalam keluarga,” katanya

Kepala Dinas Perikanan Kota Gunungsitoli Aliran Telaumbanua kepada NiasKita menyebutkan bahwa BBIAT di Gunungsitoli Utara dalam proses pembenahan dan segera akan menghasilkan benih ikan, khususnya benih ikan lele.

“Proses pemijahan telah selesai dan sekarang ini pembesaran benih untuk siap didistribusikan kepada masyarakat,” jelasnya.

Rencana, jelas Aliran Telaumbanua, benih ikan lele akan dijual dengan harga yang lebih layak. “Mulai dari harga Rp. 350 hingga 600, sesuai dengan ukuran. Harga ini tergolong rendah karena diproduksi di sini,” katanya.

Dikatakannya BBIAT diharapkan dapat memenuhi kebutuhan benih lele petani budidaya ikan air tawar di Gunungsitoli. “Apalagi kita sedang melaksanakan pelatihan di beberapa kelompok. Dan nampaknya mereka antusias untuk melakukan usaha budidaya lele,” ujarnya. (Sam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply