Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli,MM, Serahkan Bantuan Alsintan Kepada Kelompok Tani

NiasKita.com, Kabupaten Nias

Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli,MM, menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsistan) kepada kelompok Tani DiKabupaten Nias.

Penyerahan Alsintan tersebut dilaksanakan pada acara rapat Pos simpul koordinasi (Posko) dan penyuluhan pertanian, bertempat dikantor Pertanian Ketabahan pangan Kabupaten Nias Rabu (10/10/2018).

Adapun Alsintan yang dibagikan tersebut terdiri dari Traktor Roda 2 sebanyak 20 unit. Pompa air 15 unit, Rice Transplanter 5 unit, Cultifator 10 unit, Hand Sprayer 20 unit semuanya berasal dari Kementerian Pertanian RI.

Sementara dukungan yang berasal dari APBD Kabupaten Nias terdiri dari Minitiller sebanyak 10 unit dan power Tresher sebanyak 9 unit.

Drs.Sokhiatulo Laoli,MM Bupati Nias dalam arahannya,menyampaikan pada Tahun 2017 sektor pertanian menyumbang angka 1.417.902,77 atau sekitar 47,8% dari PDRB Kabupaten Nias menurut lapangan usaha atas dasar harga berlaku.

Hal ini menunjukkan bahwa sektor pertanian merupakan sektor yang masih sangat berpengaruh besar terhadap perekonomian masyarakat di Kabupaten Nias, untuk pertanian merupakan kunci pembangunan perekonomian di Kabupaten Nias. Ucap Sokhiatulo.

Dijelaskan Dia bahwa Peraturan Menteri Pertanian Nomor 50 Tahun 2012 tentang pedoman pengembangan kawasan Pertanian, telah menetapkan Kabupaten Nias sebagai kawasan padi dengan luas baku sawah 7.119,53.Ha.

Lahan sawah ini juga telah ditetapkan menjadi lahan pertanian pangan berkelanjutan di Kabupaten Nias berdasarkan pasal 40 ayat (4) Perda Kabupaten Nias Nomor 1 Tahun 2014 tentang rencana tata ruang wilayah Kabupaten Nias Tahun 2014-2034.

Penetapan wilayah kawasan ini mempengaruhi kebijakan Pemerintah baik pusat, Provinsi maupun Kabupaten terhadap prioritas pembangunan pertanian yang arahnya lebih besar ke bidang tanaman pangan dan holtikultura.

Diakhir katanya Sokhiatulo berharap kepada kelompok Tani penerima manfaat agar Alsintan yang dibagikan ini dipelihara dan dimanfaatkan semaksimal mungkin.

“Saya berharap agar Alsintan ini dipelihara dan dipergunakan sebaik-baiknya, jangan dipindahtangankan kepada orang lain, jangan menjadi konflik internal kelompok.”Harap Sokhiatulo

Sebelumnya Fonaso Laoli, A.Md, SE kadis pertanian ketahanan pangan Kabupaten Nias melaporkan, dasar pelaksanaan kegiatan ini.

1.SK kepala Dinas pertanian dan ketahanan pangan Nomor:050/26/K/2018,tanggal 03 Februari 2018 tentang pengangkatan panitia pelaksana kegiatan rapat Posko dan penyuluhan

2.Keputusan kepala Dinas pertanian dan ketahanan pangan Kabupaten Nias Nomor : 520.31/112/K/2017 tentang penetapan penerima bantuan Alsintan yang bersumber dari APBD Kabupaten Nias Tahun anggaran 2017

3. Keputusan kepala Dinas pertanian dan ketahanan pangan Kabupaten Nias Nomor: 520.31/272/K/2018 tentang penetapan kelompok Tani/Gapoktan/Upja penerima bantuan Alsintan yang bersumber dari APBN tugas pembantuan Provinsi TA 2018 Diwilayah Kabupaten Nias. (sam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan