Bupati: Penggalian Potensi Pedesaan Terhambat Minimnya Infrastruktur

NiasKita.com, Gunungsitoli

Drs. Sokhiatulo Laoli, MM, Bupati Nias menyebutkan pembangunan pedesaan merupakan salah satu prioritas Pemkab Nias. Hal itu dimaksudkan untuk menggali potensi sumberdaya alam dan pengembangan perekonomian masyarakat. Disebutnya bahwa potensi perekonomian justru berada di pedesaan.

Hal itu disampaikan Drs Sokhiatulo Laoli MM pada saat menyampaikan sambutan pada acara Kunjungan Kerja (Kunker) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi di wilayah Kepulauan Nias yang berlangsung di Gedung Serbaguna Salak Madu, Desa Faekhu Gunungsitoli Selatan, Senin (19/11/2018).

Disebutnya bahwa kawasan pedesaan memiliki potensi pertanian yang cukup, namun penggalian potensi ini masih terkendala oleh minimnya infrastruktur pendukung. Dampaknya saat terasa pada tingkat kesejahteraan masyarakat.

Dijelaskan Sokhiatulo Laoli, Pemkab Nias juga sudah menggagas pembangunan infrastruktur struktur jalan untuk membuka isolasi antar desa, terutama menuju sentra produksi pertanian. Diharapkan pembangunan infrastruktur dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Selain itu, kawasan desa juga merupakan tempat pelayanan jasa pemerintah, pelayanan sosial dan kegiatan ekonomi. Hal ini sejalan dengan salah satu program nawacita Pemerintah Pusat yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan melalui peraturan Menteri Desa Nomor 1 tahun 2015.

Sokhiatulo juga menjelaskan bahwa Pemerintah Pusat telah memberikan kewenangan lokal berskala desa kepada Pemerintah Desa untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat yang muncul karena perkembangan dan prakarsa masyarakat desa.

“Dan hal ini kita harapkan dapat bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat desa nantinya,” tuturnya. (Sam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan