Drs. Fonaha Zega, MAP: Hubungangan Wartawan – Pejabat, Benci tapi Rindu

Gunungsitoli Utara (NKC) –
Benci tapi rindu, begitulah hubungan antara jurnalis dan pejabat di Pemkab Nias Utara. Namun sejauh ini hubungan berjalan dengan baik dan harmonis. Begitu ungkap Drs. Fonaha Zega, MAP dalam sambutannya pada pelatihan jurnalistik yang difasilitasi Bagian Humas Pemkab Nias Utara, Kamis (28/12) di Hotel Charlitta Beach.
Drs. Fonaha Zega, MAP mengaku ada pejabat yang tidak siap menghadapi wartawan, sehingga menimbulkan persepsi bahwa pejabat alergi pada wartawan. Padahal, katanya, ada pejabat yang karena terlalu sibuk merasa repot menghadapi wartawan. Di sisi, imbuhnya, mengkonfirmasi berita itu merupakan hak dan kewajiban wartawan sebelum menulis berita, apalagi kalau menemukan informasi yang rumit dan perlu diklarifikasi.
Pria yang disebut sangat dekat dengan wartawan ini mengatakan, media massa itu memiliki arti penting dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan dan roda pemerintahan. “Kontribusi wartawan itu sangat jelas, di antaranya dalam mensosialisasikan program-program pemerintah, kedua dalam hal melakukan kontrol sosial,” jelasnya.
Ditambahkannya bahwa pejabat itu merindukan wartawan untuk mengekspos kegiatan-kegiatannya, namun timbul kebencian bila wartawan menulis tanpa melakukan konfirmasi dan menuding tanpa fakta. “Makanya, saya minta rekan-rekan wartawan untuk mentaati etika jurnalistik. Itulah antara lain guna pelatihan ini agar menyatu persepsi soal etika kewartawanan,” katanya.
Ia memberi contoh soal pemakaian batu kapur (gara wukhö) pada jalan utama ibukota kabupaten. Ia menjelaskan bahwa batu tersebut bukan bagian dari kegiatan proyek yang sedang dilaksanakan, tetapi sumbangan dari beberapa SKPD untuk timbunan badan jalan yang diperlebar tersebut. Kesimpangsiuran informasi itu berakibat buruk pada pemahaman masyarakat seandainya diberitakan tanpa konfirmasi sebelumnya, seolah pemerintah membiarkan rekanan memakai bahan yang tidak sesuai dengan bestek.
Ia juga menyarankan wartawan agar ke depan menekankan profesionalisme dalam menjalankan tugas peliputan. “Saya pikir pejabat pun tidak akan alergi pada wartawan bila sudah sesuai aturan,” katanya. (01)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan