Dua Puskesmas di Gunungsitoli Terima Sertifikat Akreditasi Fasilitas Kesehatan Kementerian Kesehatan

NiasKita.com, Gunungsitoli

Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua menyampaikan pelayanan kesehatan di Gunungsitoli dari waktu ke waktu terus meningkat. Hal ini juga ditandai oleh peningkatan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Kota Gunungsitoli meningkat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Ini didukung data yang dikeluarkan oleh BPS yang mempublikasikan meningkatnya angka harapan hidup di Gunungsitoli seiring dengan membaiknya perekonomian dan kesehatan masyarakat.

Hal itu disampaikan Ir. Lakhomizaro Zebua pada apel penaikan bendera Senin (25/06) lalu di Halaman Kantor Walikota Gunungsitoli. Pada apel tersebut Walikota sekaligus menyerahkan sertifikat akreditasi pada Puskesmas Gunungsitoli dan Puskesmas Gunungsitoli Barat.

Kedua Puskesmas ini telah disertifikasi oleh Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Walikota menyampaikan bahwa Kedua Puskesmas ini mendapatkan status akreditasi Madya dengan masa berlaku 8 November 2017 sampai dengan 8 November 2020.

Akreditasi yang diperoleh ini merupakan suatu pengakuan terhadap hasil dari proses penilaian eksternal oleh Komisioner Akreditasi terhadap Puskesmas di suatu daerah, apakah sudah sesuai dengan standar akreditas yang ditetapkan.

Adapun manfaat yang diperoleh dari Akreditasi Puskesmas adalah: memberikan keunggulan kompetitif, memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap fasilitas pelayanan kesehatan.

Juga menjamin diselenggarakannya pelayanan kesehatan primer kepada pasien dan masyarakat, adanya peningkatan pendidikan pada staf fasyankes primer untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Meningkatkan pengelolaan resiko baik pada pelayanan pasien, baik di Puskesmas maupun fasyankes primer lainnya, dan penyelenggaraan upaya Puskesmas kepada masyarakat.

Sertifikasi ini juga terkait dengan penilaian terhadap upaya membangun dan meningkatkan kerja tim antar staf fasyankes primer, meningkatkan reliabilitas dalam pelayanan, ketertiban pendokumentasian, dan konsistensi dalam bekerja serta peningkatan keamanan dalam bekerja. (Sam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply