Ir. Lakhomizaro Zebua: Perlu Pengembangan Produksi Unggulan TiapDesa

Ir. Lakhomizaro Zebua: Perlu Pengembangan Produksi Unggulan Desa

Gunungsitoli, NiasKita.com

Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua menyebutkan bahwa masing-masing desa di Kota Gunungsitoli harus memiliki produk andalan. Untuk itu, Dana Dana yang dikucurkan pemerintah harus dimanfaatkan untuk mendorong tumbuhnya usaha-usaha dan munculnya pergerakan ekonomi baru di pedesaan.

“Dana Desa tidak hanya diarahkan untuk pembangunan fisik, seperti jalan, rabat beton atau parit, tapi dialokasikan untuk pengembangan produksi desa,” ujarnya.

Hal itu disampaikan dalam acara Safari Ramadhan Pemko Gunungsitoli di Fowa, Gunungsitoli Idanoi, Selasa (05/06). Walikota mengatakan bahwa perencanaan penggunaan dana desa harus diarahkan untuk pengembangan ekonomi kerakyatan, di antaranya untuk mendirikan BUMDes yang akan menjadi pusat kegiatan pengembangan produksi desa.

Pembangunan fisik di desa-desa, katanya, banyak yang tidak menyentuh langsung perekonomian rakyat. Karenanya, dana dukungan pemerintah sebesar Rp. 50 juta per desa harus digunakan untuk pengembangan produksi desa.

Dikatakannya, salah satu penyebabnya tidak stabilnya ekonomi Kota Gunungsitoli adalah tingginya inflasi yang disebabkan peningkatan harga kebutuhan pokok. “Cabe saja bisa mencapai Rp. 50 ribu, yang pada akhirnya membebani anggaran masing-masing keluarga. Coba kalau cabe ini sudah bisa dihasilkan daerah kita sehingga kita tidak perlu tergantung dari luar,” ujarnya.

Untuk itu, dia telah memerintahkan instansi terkait untuk mensuport masing-masing desa dengan informasi bidang produksi yang bisa dikembangkan oleh masing-masing desa. “Ini harus dilakukan secara komprehensif yang melibatkan seluruh sector, terencana dengan target yang jelas,” ujarnya.

Untuk itu, dia minta masing-masing kepala desa merubah pola pikir dan pola kerja. “Jangan hanya memikirkan pekerjaan fisik, tetapi harus diarahkan untuk pengembangan ekonomi rakyat,” ujarnya. (sam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply