Pemko Gunungsitoli Miliki Komitmen Dukung Pencapaian Kesejahteraan Warga

Gunungsitoli, niaskita.com

Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua dan Sowa’a Laoli, SE, MSi memberikan penekanan pada pembangunan pendidikan dan kesehatan. Perhatian khusus juga dalam pengembangan perekonomian sebagaimana dikampanyekan oleh pasangan ini selama proses Pilkada Gunungsitoli 2015.

Viktorius Gea, S.Kom, Kepala Bagian Humas dan Keprotokolan Setda Kota Gunungsitoli kepada Mimbar Umum menjelaskan apa yang dijanjikan pasangan ini selama kampanye telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang akan dilaksanakan selama kepemimpinan mereka (2016 – 2021).

Viktor Gea menyebutkan bahwa beberapa program yang telah dilaksanakan kini bisa dirasakan manfaatnya oleh warga Kota Gunungsitoli. Ia memberi contoh keberadaan Taman Ya’ahowu yang menjadi pusat rekreasi masyarakat. “Di tempat ini juga sudah bisa dinikmati jaringan wifi internet gratis. Pasangan Laso dulu menjanjikan kawasan ini selain ajang rekreasi juga menjadi Teknopark,” jelasnya.
Ir. Lakhomizaro Zebua yang ditemui NiasKita.com di ruang kerjanya di Kantor Walikota Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Gunungsitoli menjelaskan beberapa kemajuan yang telah dicapai Kota Gunugsitoli menjelang dua tahun kepemimpinannya pada Juni mendatang. Diantaranya pembangunan pendidikan yang sangat signifikan kemajuannya. “Saya telah instruksikan kepada Kadis Pendidikan lebih ekstra lagi bekerja untuk meningkatkan pendidikan, di antaranya peningkatan kedisplinan dan kemampuan pendidik serta perbaikan fasilitas,” katanya.
Pada tahun 2018 ini, untuk memenuhi kebutuhan tenaga kependidikan telah diangkat Guru Kontrak Daerah (GKD) sebanyak 378 orang (247 guru SD dan 131 guru SMP). Pada tahun 2017 lalu, Pemko program pengadaan buku koleksi perpustakaan di 39 SD, pembangunan 14 ruang kelas baru dan laboratorium, rehabilitas 21 ruang kelas serta pembangunan satu unit sekolah di SMP Negeri 8 dan penuntasan pembangunan gedung SMP Negeri 1 Gunungsitoli. Selain Ir. Lakhomizaro Zebua juga menginstruksikan penyediaan sarana Ujian Nasional Berbasis Komputer satu sekolah per kecamatan, total komputer yang disediakan 140 unit. Ir. Lakhomizaro Zebua juga memberikan bantuan beasiswa berprestasi untuk 343 siswa, 50 mahasiswa dan bantuan pendidikan guru yang mengikuti perkuliahan S-1 sebanyak 66 orang.
Drs. Yardius Gea, Kepala Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli kepada Mimbar menjelaskan apa yang diinstruksikan Walikota telah maksimal diterapkan di lapangan. “Kita fokus pada kedisplinan dan kesungguhan guru dalam melaksanakan tugas. Kita awasi dan kontrol secara terus-menerus serta memfasilitasi agar peningkatan mutu pendidikan bisa dicapai,” ujarnya.
Di bidang kesehatan, Ir. Lakomizaro Zebua juga menjelaskan banyak kemajuan yang telah dicapai. Bahkan pada pertengahan 2017 lalu, dirinya saat melakukan Sidak di kantor Dinas Kesehatan mengancam pegawai yang tidak menjalankan tugas akan diproses hingga pemecatan. “Sebelumnya ada pengaduan tenaga medis di pedesaan banyak yang mangkir, bahkan tidak pernah muncul. Saya tegaskan, kalau tidak mau kerja di Pemko Gunungsitoli ya sudah berhenti saja, kalau tidak mau berhenti, ya saya pecat dari PNS. Saya pantau terus dan sekarang mereka menjalankan tugas dengan baik,” ujarnya.
Pada tahun 2017 lalu, untuk menjamin pelayanan kesehatan bagi warga tak mampu Pemko Gunungsitoli memberikan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) kepada 11.500 warga. Sementara itu Pemko juga berhasil membangun dan menetapkan empat Puskesmas Rawat Inap, pembangunan gedung baru Puskesmas Gunungsitoli Selatan untuk menambah kapasitas pelayanan, merehabilitasi tiga puskesmas dan pustu. Pemko juga menambah dua unit ambulans di Puskesmas serta berhasil mengakreditasi dua Puskesmas.
Ir. Lakhomizaro Zebua juga menjelaskan Pemko Gunungsitoli memberikan dukungan besar untuk pengembangan perekonomian rakyat. Di antaranya memberikan bantuan permodalan untuk usaha mikro dan kecil dengan menyediakan dana bergulir yang diluncurkan melalui Dinas Perindagkop dan UMKM, sedangkan bantuan pupuk gratis untuk petani sawah yang disalurkan melalui Dinas Pertanian. “Bantuan itu hanya merupakan stimulus langsung pada petani dan pelaku usaha, namun dukungan juga kita berikan melalui beberapa program lainnya. Kita memiliki komitmen yang kuat untuk mensejahterakan warga Kota Gunungsitoli” ujarnya.
Peningkatan kesejahteraan ini dapat dilihat dari capaian Indikator Makro Pembangunan Daerah pada tahun 2016 bila dibandingkan dengan tahun 2017. Pada tahun 2016 pertumbuhan ekonomi mencapai 6,03 persen dibandingkan 5,79 persen pada tahun 2015. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mencapai 66,85 persen dibandingkan 66,41 persen pada tahun 2015. Terjadi penurunan Angka Kemiskinan sebesar 1,77 persen, yakni 23,43 persen pada tahun 2016, menurun menjadi 21,66 pada tahun 2017. Sementara laju inflasi tertekan hingga 3,91 pada tahun 2017, dibandingkan 2017 sebesar 7,39 persen.
Pertumbuhan perekonomian Kota Gunungsitoli sekalipun tidak tajam namun terlihat cukup siginifikan. PDRB Per Kapita meningkat dari Rp. 26,43 juta pada tahun 2015 menjadi Rp. 29,33 juta pada tahun 2016. Terjadi pertumbuhan pada lima lapangan usaha pada tahun 2016 yakni, Sektor Pengadaan 6,68 persen, Transportasi dan Pergudangan sebesar 6,63 persen, Penyediaan Akomodasi dan Makanan Minuman sebesar 5,64 persen.

Ir. Lakhomizaro Zebua menyebutkan terjadinya peningkatan kegiatan usaha ini, seiring dengan majunya perhubungan laut yang mendorong meningkatnya arus barang dari dan ke Gunungsitoli dan membaiknya infrastruktur yang mendorong produk-produk pertanian di bawa ke kota dan dijual keluar daerah. “Usaha baru juga bermunculan, kita telah menerbitkan 1.425 izin usaha baru pada tahun 2017 lalu,” ujarnya.
Ir. Lakhomizaro Zebua juga menjelaskan bahwa pada tahun 2018 ini Pemko akan fokus dalam pembangunan gedung perkantoran mengingat selama 8 tahun SKPD di Pemko Gunungsitoli belum memiliki kantor sendiri. Namun ia berjanji bahwa pada tahun 2019 mendatang pembangunan akan diarahkan keluar kota, terutama untuk mengembangkan perekonomian pedesaan. (sam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply