Pemko Gunungsitoli akan Tindak Angkutan Eskpedisi Lakukan Bongkar Muat di Daerah Milik Jalan

NiasKita, Gunungsitoli

Untuk keamanan dan kenyamanan bagi pengendara di jalanan dalam kota di Gunungsitoli, pihak Dinas Perhubungan Kota Gunungsitoli terus akan melaksanakan monitoring dan menindak kendaraan yang melanggar Perda dan Perwal yang terkait dengan kegiatan lalu lintas dalam wilayah Gunungsitoli.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kota Gunungsitoli Ignasius Harefa kepada NiasKita.com sehubungan dengan razia dan penindakan yang dilakukan oleh pegawai Dinas Perhubungan di lapangan. Disebutnya razia dan penindakan yang dilakukan selama ini karena masih adanya kendaraan angkutan yang parkir dan menaikkan penumpang di beberapa lokasi dan sangat mengganggu arus lalu lintas.

Di samping itu jelasnya, angkutan ekspedisi masih ada yang melakukan bongkar muat di daerah milik jalan (Damija) sehingga mengganggu arus lalu lintas. “Kita sudah himbau namun masih ada beberapa yang tidak perduli. Jika dibandingkan dulu, sekarang jauh lebih tertib,” ujarnya.

Ignasius Harefa menjelaskan razia dan penindakan selalu mengacu pada Perda No. 2 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Perhubungan dan Perwal No. 16 tahun 2017 tentang Pengaturan, Pengawasan dan Pengendalian Bongkar Muat Barang.

Dijelaskannya, masih ada kendaraan ekspedisi yang melakukan kegiatan bongkar muat di pinggir jalan. “Ini menyebabkan kemacetan dan mengganggu kendaraan yang lewat. Apalagi bongkar muat dilakukan dalam waktu yang cukup lama. Sehingga kita telah memberikan petunjuk agar terus-menerus dilakukan patroli untuk mengawasi dan menindak,” ujarnya.

Dia juga berharap masyarakat dan terutama pihak pengusaha yang kemungkinan terganggu kegiatannya karena pelaksanaan Perda No 2 dan Perwal No. 16 tersebut bisa memahami dan menyesuaikan kegiatanv usahanya dengan peraturan yang berlaku.

“Tidak ada niat mempersulit, tapi pelaksanaan Perda dan Perwal itu untuk kepentingan bersama agar tercipta keamanan dan kenyamanan berkendara atau melintas di jalanan,” jelasnya. (Sam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply